Friday, May 20, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
Home6 Tips Mudik Aman di Masa Pandemi

6 Tips Mudik Aman di Masa Pandemi

bernasnews.com – Mudik lebaran menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu. Terlebih lagi pemerintah saat ini telah mengizinkan mudik. Sehingga Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di kamoung halaman.

Terkait dengan mudik, ada beragam hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat. Tentunya hal itu perlu dipersiapkan agar mudik aman dan nyaman hingga sampai di tujuan.

Bagi Anda yang berencana pulang ke kampung halaman tahun ini, simak tips mudik aman di masa pandemi.

Lakukan vaksinasi jauh-jauh hari
Sebelum pergi mudik, pastikan Anda sudah mendapatkan vakainasi jauh-jauh hari. Pemerintah sendiri bajkan menjadikan vaksinasi sebagai syarat mudik. Jangan menunda vaksinasi hingga dekat waktu keberangkatan. Hal ini untuk menghindari efek dari KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), seperti lemas atau demam.

Pilih transportasi yang tepat dan nyaman
Mudik aman di masa pandemi selanjutmya ialah memilih transportasi yang tepat. Sesuaikan transportasi dengan jumlah barang bawaan Anda dan jumlah orang yang turut mudik. Jika membawa banyak bawaan dan banyak orang, jangan gunakan motor. Anda disarankan untuk menggunakan mobil atau bisa juga angkutan umum seperti bus.

Periksa fungsi kendaraan
Jika mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan cek setiap bagian kendaraan berfungsi dengan baik atau tidak. Cek setiap komponen kendaraan seperti lampu dan klakson, rem dan kaki-kaki, ban, dan mesin.

Istirahat yang cukup sebelum berangkat
Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda telah mendapat istirahat yang cukup sehingga tubuh tetap fit. Kondisi tubuh yang sehat, bugar akan membuat perjalanan mudik tetap aman dan nyaman.

Istirahat secara berkala
Jangan memaksakan diri jika Anda pergi mudik perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi. Pastikan tetap beristirahat secara berkala. Jika mengantuk, berhentilah di rest area dan beristirahat.

Patuhi rambu lalu lintas
Patuhi rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan agar aman dan selamat. Bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pelayanan kepolisian di sepanjang jalur mudik. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments