Home Olahraga 6 Kali Masuk Final Piala AFF, Timnas Indonesia Gagal Raih Juara

6 Kali Masuk Final Piala AFF, Timnas Indonesia Gagal Raih Juara

74
0
Evan Dimas menerima penghargaan sebagai tim fair play pada Piala AFF 2020, Sabtu 1 Januari 2022 malam. Foto: [email protected]

BERNASNEWS.COM – Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF sebenarnya cukup meyakinkan. Ini terbukti, Timnas Indonesia tampil di final turnamen tingkat ASEAN itu sebanyak 6 kali, yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016┬ádan yang terbaru pada Piala AFF 2020 yang digelar tahun 2021 ini.

Dalam pertandingan final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia gagal meraih juara setelah secara agregat kalah 2-6 dari Thailand, masing-masing kalah 0-4 pada laga final leg pertama dan bermain imbang 2-2 pada laga final leg kedua, Sabtu 1 Januari 20221 malam.

Meski gagal meraih juara pada Piala AFF 2020, namun PSSI selaku induk organisasi sepakbola Indonesia maupun Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sebagian warganet tetap mengapresiasi para pemain yang tetap gigih berjuang tak mau menyerah begitu saja.

“Selamat kepada Thailand yang tampil menjadi juara Piala AFF 2020 malam ini. Bagi Timnas Indonesia, kalian sudah berjuang dengan gigih dan sportif. Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua,” cuit Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikutip Bernasnews.com dikutip Bernasnews.com di akun twitter resminya.

Sementara PSSI juga mengapresiasi pemain Timnas Indonesia yang telah berjuang luar biasa meski gagal meraih juara untuk keenam kalinya di Piala AFF.

Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan mendapat penghargaan sebaga Young Player of the Tournament pada AFF Suzuki Cup 2020, Sabtu 1 Januari 2022. Foto: Twitter @PSSI

Pertandingan penuh perjuangan. Terima kasih telah memberikan segalanya untuk tanah air. Pengorbananmu sangat luar biasa dan kami bangga! Garuda tetap di hati! Kalian tetap yang terbaik di hati masyarakat Indonesia,” cuit PSSI di akun twitter resminya.

Meski gagal meraih juara, Timnas Indonesia yang menjadi runner up terpilh dianugerahkan Fairplay Team Award pada gelaran AFF Suzuki Cup 2020. “Selamat, Garuda!”tulis PSSI.

Selain mendapat penghargaan secara tim, sejumlah pemain Timnas Indonesia juga mendapat penghargaan secara perorangan. Ricky Kambuaya terpilih sebagai Man of the Match pada laga final leg kedua, pada Sabtu malam, sementara Pratama Arhan dianugerahkan gelar Young Player of the Tournament pada AFF Suzuki Cup 2020.

“Selamat Ricky Kambuaya terpilih sebagai Man of the Match pada laga final leg kedua, malam ini! Selamat kepada Pratama Arhan yang dianugerahkan gelar Young Player of the Tournament pada AFF Suzuki Cup 2020,” ucap PSSI. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here