Home Technology 6 Inovasi Mahasiswa dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta Raih Prestasi dalam IdenTIK...

6 Inovasi Mahasiswa dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta Raih Prestasi dalam IdenTIK 2020

96
0
6 Produk Inovasi Mahasiswa dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih prestasi dalam Indonesia Entrepreneur (IdenTIK) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Foto: Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Sejumlah 6 Produk Inovasi Mahasiswa dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih prestasi dalam Indonesia Entrepreneur (IdenTIK) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Demikian disampaikan oleh Kepala Humas Amikom Erick Hadi Saputra,S Kom, M Eng melalui keterangan tertulis yang dikirim ke Bernasnews.com, Minggu (22/11/2020).

Terdapat 6 Kategori dalam IdenTIK 2020 yaitu, Startup Company, Digital Content, Corporate Social Responsibility, Private Sector, Public Sector, dan Research and Development. “Dari 6 Kategori tersebut, 5 diantaranya terdapat Produk Inovasi Mahasiswa dan Alumni Universitas Amikom Yogyakarta,” jelas Erick Hadi Saputra.

Paparan pemenang Kategori Public Sector. (Foto: Istimewa)

Rincian pemenangnya, imbuh Erick, sebagai berikut, Juara 1 IdenTIK 2020 Kategori Corporate Social Responsibility: LATAL (Lampu Tenaga Air Laut), Juara 2 IdenTIK 2020 Kategori Research & Development: USMAN (UVC Sterilizer Lantai Masjid yang Aman), Juara 3 IdenTIK 2020 Kategori Public Sector: SMART TERMINAL (Integrated Bus Station System), Juara 5 IdenTIK 2020 Kategori Private Sector: Ipangan, Juara 3 IdenTIK 2020 Kategori Digital Content: Sutasoma (Media Promosi Candi) dan Juara 5 IdenTIK 2020 Kategori Digital Content: Palagan.

Ajang IdenTIK 2020 ini sendiri merupakan salah satu agenda Kemkominfo yang sejalan dengan Program digitalisasi nasional. Program ini mencakup  percepatan pembangunan infrastruktur, pembangunan data center nasional, dan penyiapan talenta digital.

Pememang Kategori Corporate Social Responsibility. (Foto: Istimewa)

“Kondisi digitalisasi nasional yang disiapkan Kementerian Kominfo menjadi poin penting yang bisa dimanfaatkan rekan-rekan peserta idenTIK untuk dapat berkarya,” ucap Plt. Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso dalam acara Webinar idenTIK 2020.

Mengusung tema Compete and Grow, IdenTIK berkolaborasi dengan WTOIP Global dan IPIEC dan Connex by Marquee untuk membuka peluang dan jaringan peserta lebih luas. “Selanjutnya mereka yang meraih 3 peringkat teratas di tiap kategorinya akan mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia berkompetisi di ajang ASEAN ICT Awards (AICTA) 2020,” beber Erick.

Itu artinya, kata Erick Hadi Saputra, 4 Produk Inovasi Universitas Amikom Yogyakarta, yaitu : LATAL (Lampu Tenaga Air Laut), USMAN (UVC Sterilizer Lantai Masjid yang Aman), SMART TERMINAL (Integrated Bus Station System) dan Sutasoma, media promosi Candi. “Berkesempatan untuk berprestasi lebih lanjut di ajang AICTA 2020 yang akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia,” pungkasnya. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here