Home Seni Budaya 56 Negara Berpartisipasi dalam Festival Film Animasi 2nd Craft 2019

56 Negara Berpartisipasi dalam Festival Film Animasi 2nd Craft 2019

273
0
Animasi yang ditampilkan dalam FESTIVAL FILM ANIMASI 2nd CRAFT 2019.

BERNASNEWS.COM – Sebanyak 56 negara turut serta dalam Festival Film Animasi Craft 2019 yang diselenggarakan di Kawasan Kebun Buah Naga Sleman pada 28 Oktober 2019 hingga 2 November 2019 ini. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya setelah tahun  2017 lalu Festival animasi ini berhasil memikat sebanyak 46 negara peserta untuk ikut serta dalam Festival  animasi yang cukup bergengsi ini.

Dengan mengusung thema Shadows, Craft 2019  berupaya untuk  mensitumulasi imajinasi para creator  animasi dunia  yang terceremin lewat karya-karya animasi  mereka. Tema ini terinspirasi dari   oleh gerak bayangan  dari kesenian tradisional wayang yang dinilai sebagai karya animasi  mengagumkan dari  masyarakat  Indonesia, khususnya Jawa.

Direktur Program Craft 2019, Piotr Kardas mengungkapkan, melalui Craft  ini para creator diajak untuk mengkolaborasikan animasi dengfan seni lainnya seperti seni music,kerajinan, teater dan lain-lain. Melalui kolaborasi ini  diharapkan dapat menghadirkan sebuah eksperimen baru bagi karya animasi yang bisa menginspirasi para animator lainnya.

Direktur Program Craft 2019, Piotr Kardas.

“Dalam Festival ini, hadirnya karya animasi local dan internasional  akan memperkaya inspirasi para animator dalam berkarya. Selain itu, Festival ini kita harapkan mampu menjadi wahana komunikasi para creator dari berbagai Negara,“ ujar Piotr kepada sejumlah wartawan di Kebun Buah Naga Resto Sleman, Kamis (24/10/2019)

Ditambahkan Piotr, selama waktu penyelenggaraan Festival Animasi Craft 2019  menyuguhkan berbagai kegiatan seperti workshop animasi, diskusi serta pemutaran film gratis secara indoor maupun out door. Sejumlah film yang  diputar merupakan hasil seleksi dari para creator yang mengirimklan karyanya ke panitia penyelenggara. Tercatat ada 411 Film yang masuk ke meja panitia , yang kemudian terpilih sebanyak 50 film unggulan  yang 33 diantaranya merupakan film Indonesia. Karena film-film jagoan inilah yang sebagoan diputar secara gratis di Kawasan Wisata Kebon Buah Naga dan Lapangan Desa Ngalang.

“Saat film  diputar, nanti kita akan meminta penonton menentukan film mana yang paling menarik menurut pandangan mereka.   Dan film yang terbaik akan kami beri penghargaan,“ ujar Piotr.

Festival Craft 2019 ini merupakan Festival  Film  yang dikonsep layaknya Festival Film Layar Tancap. Oleh karena itu, pemutaran Film sengaja dilakukan ditempat terbuka agar terlihat lebih merakyat. Yang membedakan dari Festival ini adalah  semua Film yang diputar adalah film animasi. Itupun film yang minim dialog, agar semua penonton dapat mengerti  jalan cerita meski tanpa subtitle.

Selain melibatkan penonton, dalam Festival ini penyelenggara juga  menghadirkan sejumlah pakar film animasi dari Jepang,  Malaysia,Ukraina,Amerika dan tentu saja dari Indonesia selaku Tuan Rumah. Film-film animasi terbaik karya para creator ini  akan menjadi wakil dalam Festival Film Animasi Dunia tahun 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here