Wednesday, May 18, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomi5 Tips Perencanaan Keuangan Agar THR Lebaran Tidak Habis Sia-sia

5 Tips Perencanaan Keuangan Agar THR Lebaran Tidak Habis Sia-sia

bernasnews.com – Perencanaan Keuangan menjadi hal yang penting dan wajib dilakukan di bulan ini terlebih setelah Anda menerima THR. Persoalan yang kerap melanda sebagian orang setelah mendapat THR ialah uang yang lenyap tak bersisa.

Tak jarang orang dengan perencanaan keuangan yang salah bahkan tidak membuatnya sama sekali akan berujung pada menghabiskan uang THR-nya begitu saja. Padahal sebetulnya uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal-hal produktif.

Lantas bagaimana tips perencanaan keuangan yang baik untuk THR lebaran ini? Simak dalam pembahasan berikut.

Evaluasi kondisi keuangan saat ini
Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah evaluasi lebih dahulu kondisi keuangan saat ini. Buat analisis apa saja hal yang Anda butuhkan sesuai dengan kondisi Anda dari berbagai aspek.

Alokasikan untuk zakat fitrah
Setelah melakukan evaluasi keuangan, Anda selanjutnya harus menyisihkan dahulu untuk kewajiban membayar zakat fitrah. Kesampingkan dahulu kebutuhan uang untuk hal yang sifatnya rekreasi atau hiburan.

Susun kebutuhan utama
Meski jumlah besaran THR sebesar satu bupan gaji, bukan berarti Anda lantas tidak membuat perencanaan keuangan untuk kebutuhan utama. Pastikan buat sejumlah pos kebutuhan misalnya kebutuhan untuk pangan, kesehatan, membayar uang sekolah dan lain sebagainya.

Gunakan sisa THR untuk membayar utang
Dari sejumlah pos kebutuhan tadi tentu akan ada sedikit sisa. Sisa tersebut bisa digunakan untuk membayar utang atau cicilan yang Anda miliki. Jangan terburu-buru menghabiskannya untuk kebutuhan lsin yang tidak mendesak.

Catat semua keuangan
Salah satu cara untuk mengendalikan sikap boros ialah dengan mencatat keuangan. Pastikan Anda mencatat berapa besar pemasukan dan sesuaikan pengeluaran dengan bijaksana. Dengan mencatat keuangan maka akan terlihat pos mana saja yang membutuhkan keuangan lebih dan tidak.

Itulah 5 tips perencanaan keuangan yang bisa Anda terapkan. Perencanaan yang baik akan emmbuat uang Anda tidak akan terbuang sia-sia. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments