Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomi5 Tips Belanja Lebaran Agar Keuangan Tetap Aman

5 Tips Belanja Lebaran Agar Keuangan Tetap Aman

bernasnews.com – Belanja lebaran menjadi salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan dalam rangka menyambut dan memeriahkan momen Idul Fitri. Tak jarang waktu ini dipakai untuk membeli berbagai macam keperluan dari makanan, pakaian hingga barang lainnya.Tapi Anda perlu ingat untuk tetap menjaga kondisi keuangan. Jangan sampai anggaran belanja lebaran yang tak terkendali dan perasaan kalap malah akan berdampak buruhk pada kondisi keuangan.

Lantas bagaimana cara menjaga kondisi keuangan stabil dan aman saat ingin belanja lebaran? Berikut ini cara yang bisa dilakukan.

Alokasikan Sejumlah Uang
Sebelum melakukan belanja lebaran, pastikan Anda telah mengalokasikan sejumlah uang untuk keperluan tersebut. Pastikan untuk memisahkannya dari kebutuhan harian atau bulanan. Anda bisa mengambil sekian persen dari THR atau gaji untuk berbelanja keperluan di hari raya Idul Fitri.

Buat Daftar Prioritas
Sama halnya dengan belanja berkala tiap bulan, saat akan belanja untuk keperluan lebaran Anda juga harus membuat skala prioritas. Data apa saja yang sangat dibutuhkan hingga ke yang tidak terlalu dibutuhkan dan sesuaikan dengan keuangan. Daftar prioritas ini akan diginakan untuk memandu Anda barang apa saja yang perlu dibeli.

Manfaatkan Diskon dan Promo
Salah satu cara untuk lebih berhemat saat berbelanja kebutuhan hari raya, Anda bisa memanfaatkan diskon dan promo yang diberikan penjual. Biasanya mendekati hari raya banyak toko konvensional dan online yang menawarkan diskon serta promo. Saat berburu barang diskonan, Anda tetap harus jeli dalam memperhatikan kualitas barang yang dibeli agar tidak kecewa.

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
Berbelanja untuk kebutuhan hari raya lebaran tentu akan ada banyak godaannya. Dari diskon, pernak-pernik lucu dan tampaknya menggiurkan jika dibeli. Andalah yang tetap memegang kontrol atas belanjaan. Beli barang atau sesuatu yang benar-benar dibutuhkan bukan karwna hanya Anda menginginkannya.

Itulah 4 tips belanja lebaran yang hemat dan tentunya membuat kondisi keuangan tetap terjaga. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments