Sunday, May 22, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNews5 Penyebab Bau Mulut dan Tips Mengatasinya

5 Penyebab Bau Mulut dan Tips Mengatasinya

bernasnews.com – Bau mulut menjadi masalah yang cukup umum. Meski terlugat sepele namun hal ini bisa mengganggu penampilan.

Ada berbagai penyebab bau mulut yang sebenarnya terlihat sepele tapi mudah diatasi. Beberapa diantaranya dipicu karena makanan hingga pola hidup.

Apa saja penyebab bau mulut yang kerap mengganggu penampilan? Bagaimana cara mengatasinya? Simak dalam pembahasan berikut ini.

  1. Makanan atau minuman tertentu

Penyebab bau mulut tidak sedap bisa dipicu karena makanan maupun minuman yang kuta konsumsi. Beberapa diantaranya ialah bawang, petai, jengkol, makanan yang kaya akan rempah-rempah, dan makanan beraroma menyengat lainnya. Biasanya bau mulut yang disebabkan karena makanan akan menghilang sendirinya.

  1. Kebersihan mulut yang kurang terjaga

Kebersihan mukut yang kurang terjaga bisa menjadi salah satu pemicu mulut bau. Pasalnya sisa makanan yang menempel baik di gigi, lidah dan bagian mulut lainnya bisa memicu pertumbuhan bakteri. Hal itulah yang membuat mukut berbau tidak sedap.

  1. Mulut kering

Mulut kering juga bisa membuat bau. Pasalnya produksi air liur yang tidak dalam jumlah cukup membuat proses pembersihan alami di mulut tidak maksimal.

  1. Gangguan pencernaan

Pencernaan yang terganggu juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Biasanya orang yang mengalami penyakit lambung dan usus (gastrointestinal), seperti infeksi H. pylori dan penyakit asam lambung (GERD) juga mengalami bau mulut.

  1. Merokok

Kegiatan merokok juga dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Selain bisa memicu penyakit gusi dan mulut, merokok juga bisa membuat kondisi mulut kering sehingga menyebabkan berbau.

Dari semua penyebab bau mulut tadi, beberapa tips simpel bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bau mulut. Salah satu cara mudah tentu saja dengan menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari secara menyeluruh. Pastikan tidak ada sisa makanan yang menempel.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga pola hidup seperti makan-makanan yang memicu bau mulut hingga menjaga cairan tubuh tetap terpenuhi. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments