Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
Home5 Cara Mencegah Kolesterol Naik saat Lebaran

5 Cara Mencegah Kolesterol Naik saat Lebaran

bernasnews.com – Momen lebaran kerap diwarnai dengan berbagai sajian khas yang mengundang nafsu makan. Akan tetapi ada hal yang perlu Anda waspadai yakni kolesterol.

Kolesterol naik saat lebaran menjadi salah satu momok yang kerap tak bisa dihindari. Bagaimana tidak, hidangan dari daging hingga santan bahkan berminyak tersaji dan menggoda selera. Jika salah makan, tentu kolesterol yang naik malah membuat masalah tak menyenangkan di hari raya.

Ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kolesterol naik saat lebaran. Lakukan pencegahan secara sehat berikut ini:

Batasi Porsi
Tak jarang momen lebaran dijadikan waktu balas dendam dan banyak makan, padahal hal tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Makanlah dalam jumlah secukupnya alias tidak berlebihan. Mulai makan dengan porsi lebih kecil dan bertahap agar tubuh bisa kembali beradaptasi dengan kebiasaan makan.

Pilih Satu Jenis Makanan Tinggi Kolesterol
Hidangan di hari lebaran memang kerap memanjakan mata. Ada rendang, opor sampai berbagai olahan santan dan daging. Untuk mencegah kolesterol naik saat lebaran, sebaiknya pilih satu saja hidangan lebaran. Jangan makan-makanan mengandung banyak lemak yang bisa meningkatkan kolesterol di hari yang bersamaan.

Tetap Konsumsi Makanan Berserat
Cara untuk mencegah kolesterol naik saat lebaran dengan mengonsumsi makanan berserat sebelum menyantap menu lebaran. Siapkan hidangan berserat tinggi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, ubi jalar dan lainnya.

Minum Air Putih
Biasakan perbanyak minum air putih sebelum memakan sesuatu di hari lebaran untuk mencegah kolesterol naik. Minum sekitar 1 hingga 2 gelas sebelum makan bisa membuat perut terasa kenyang. Cara ini bisa digunakan untuk menekan keinginan makan berlebih.

Berolahraga
Meski tampaknya nikmat tidur atau bermalas-malasan saat momen libur lebaran, Anda juga harus menyempatkan diei berolahraga. Setelah banyak makan makanan mengandung kolesterol, anda harus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Cara ini bisa membakar kalori dan lemak tubuh menjadi energi. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments