Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
Home5 Bahaya Minum Es Saat Buka Puasa, Salah Satunya Sebabkan Gangguan Pencernaan

5 Bahaya Minum Es Saat Buka Puasa, Salah Satunya Sebabkan Gangguan Pencernaan

bernasnews.com – Minum es saat buka puasa memang terlihat menyegarkan. Sebagian merasa dahaga sepanjang hari setelah berpuasa akan hilang begitu minum minuman yang segar seperti es.

Tapi ternyata ada bahaya minum es saat buka puasa. Sejumlah bahaya atau efek negatif tersebut ada yang dari ringan hingga cukup serius.

Ini 5 bahaya minum es saat buka puasa yang perlu Anda ketahui.

  1. Gangguan Pencernaan

Minum es saat berbuka puasa bisa menyebabkan kinerja lambung menjadi lambat. Selama berpuasa, perut sama sekali tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Dengan meminum es, tentu saja akan menyebabkan kaget atau kontraksi sebgitu mendapat air dingin.

  1. Sembelit

Masih seputar efeknya pada pencernaan, asupan air dingin yang konstan dapat menyebabkan sembelit. Makanan bisa menjadi padat dan mengeras begitu air es melewati pencernaan. Minum air minum pada suhu kamar justru bisa membantu proses pencernaan.

  1. Mudah Terserang Penyakit

Bahaya minum es saat buka puasa lainnya ialah bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit. Pasalnya tubuh tentu saja butuh penyesuaian suhu dan minum es juga bisa memicu produksi lendir yang berlebih pada tubuh. Produksi lendir yang berlebih bisa menurunkan fungsi sistem pertahanan tubuh sehingga membuat tubuh mudah terserang penyakit terutama di bagian tenggorokan.

  1. Sakit kepala

Bahaya minum es saat buka puasa lainnya bisa menyebabkan sakit kepala. Tentunya kamu paham dengan istilah brain freeze yakni sensasi yang didapatkan ketika makan es krim atau minuman dingin. Tak jarang sensasi tersebut membuat orang yang sensitif menjadi sakit kepala.

  1. Menurunkan Detak Jantung

Menurut penelitian medis, minum air dingin menurunkan detak jantung dan merangsang saraf yang mengontrol fungsi tubuh yang tidak disengaja, ini dikenal sebagai saraf vagus.

Saraf juga merupakan bagian integral dari sistem saraf. Karena saraf vagus secara langsung dipengaruhi oleh suhu air yang rendah, detak jantung akhirnya melambat. Detak jantung melambat hingga suhu tubuh Anda mencapai keseimbangan lagi. Ini tidak terlalu baik untuk jantung karena dapat menyebabkan masalah terkait jantung lainnya.

Itulah 5 bahaya minum es saat buka puasa. Untuk menghindari hal tersebut disarankan berbuka dengan air suhu ruang atau air hangat. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments