Home News 4 Sekolah Adiwiyata di Kota Yogyakarta Peringati Hari Bumi

4 Sekolah Adiwiyata di Kota Yogyakarta Peringati Hari Bumi

361
0
Salah satu contoh kecil untuk kelestarian alam dan menjaga bumi adalah penanaman tanaman di halaman sekolah seperti yang dilakukan oleh siswa SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. (Foto: Kiriman Atun Pratiwi)

BERNASNEWS.COM — Hari Bumi Sedunia (Earth Day) diperingati setiap tanggal 22 April, pada tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19 diselenggarakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peringatan Hari Bumi tahun 2021 ini bertajuk “Restore Our Earth” atau Pulihkan Bumi Kita, dengan harapan masyarakat ikut menjaga bumi dan pulih dari masa pandemi Covid-19. 

Ada beberapa bentuk giat dalam rangka memperingati Hari Bumi di Kota Yogyakarta, salah satunya dilakukan oleh sekolah Adiwiyata yang diantaranya, SMA Negeri 10 Yogyakarta, SD Negeri Warungboto, SMP Negeri 6 Yogyakarta, serta SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Mereka melakukan kegiatan seperti pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman, bersih-bersih lingkungan sekolah juga ternak lele.

Untuk melengkapi penghijauan di halaman sekolah, SMP BOPKRI 3 Yogyakarta juga melakukan ternak lele selain bisa sebagai media pembelajaran juga untuk menambah peningkatan gizi siswa. (Foto: Kiriman Atun Pratiwi)

Dikutip dari Portal Berita Pemerintahan Kota Yogyakarta, Christina Endang selaku Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta mengatakan, bahwa adanya kegiatan di sekolah Adiwiyata ini semoga kedepannya juga ditiru oleh beberapa sekolah. Agar menciptakan sekolah yang nyaman, bersih dan lebih mencintai bumi.

”Diharapkan dengan adanya Hari Bumi ini, semua masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, menanam untuk menghijaukan bumi dan ikut serta merawat bumi dari pencemaran lingkungan,” ungkap Christina di sela-sela kegiatan, Jumat (23/4/2021).

Dengan adanya kegiatan peringatan Hari Bumi ini, lanjut Christina, diharapkan masyarakat terus memelihara lingkungan hidup dan berbuat baik untuk bumi dengan melakukan langkah-langkah kecil. “Harapannya, menjaga bumi ini dengan baik, pelihara bumi dengan baik. Salah satunya menciptakan lingkungan yang bersih, indah, hijau dan terawatnya bumi dimulai dari peduli lingkungan sejak usia dini,” ujar Christina.

Pemanfaatan lahan sekolahan dengaan penghijauan sehingga SMP BOPKRI 3 Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu. (Foto: Kiriman Atun Pratiwi)

Dikatakan, kegiatan yang dilakukan sekolah adiwiyata ini merupakan salah satu langkah nyata untuk memperingati Hari Bumi Sedunia. Dukungan yang dilakukan dalam melindungi lingkungan hidup, adalah dengan menjaga tanaman dan ikut berkontribusi dalam merestorasi daerah-daerah yang alamnya telah terdegradasi. Misalnya, seperti ikut menanam pohon.

Selain itu, langkah kecil lainnya diharapkan masyarakat dapat melakukan mulai dari diri sendiri, seperti tidak membuang sampah secara sembarangan di lingkungan sekitar. ”Bantu kami dalam melakukan hal-hal kecil, simpelnya saja tidak membuang sampah sembarangan, maka ini merupakan salah satu hal yang dapat menjaga bumi kita,” tegasnya. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here