Home News 4 Mahasiswa UNY Ciptakan UBag, Tas 3 in 1

4 Mahasiswa UNY Ciptakan UBag, Tas 3 in 1

303
0
UBag atau Tas 3 in 1 karya mahasiswa UNY yang dijadikan tas cangklong yang dibawa oleh seorang mahasiswa UNY sebagai model. (Foto: Kiriman Humas UNY)

BERNASNEWS.COM — Kelompok Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari Fitri Nurjaya Kusumayanti, Khunafa Khoiriyah dan Desy Yastiningsih prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Listyowati prodi Pendidikan Akuntansi berhasil menciptakan sebuah tas 3 in 1 yang multifungsi.

Tas ini dapat dibolak-balik menjadi tiga model tas, totebag, sling bag, dan backpack. Selain itu, produk tas ini juga dapat memberikan edukasi karena memuat kata arkais dan corak batik nusantara. Karya ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2020.

Fitri Nurjaya Kusumayanti menjelaskan, bahwa  produk tas dari kelompoknya itu juga dapat memberikan edukasi karena memuat kata arkais dan batik nusantara. “Arkais didefinisikan sebagai bahasa yang digunakan karena adanya unsur-unsur dari zaman lampau yang tetap bertahan sampai sekarang. Dan biasanya digunakan dalam karya sastra seperti puisi, hikayat, cerpen, dan cerita rakyat,”ungkap Fitri kepada Bernasnews.com, Senin (1/2/2021).

UBag Tas 3 in 1 karya mahasiswa UNY. (Foto: Kiriman Humas UNY)

Menurut Fitri, kata arkais dapat dipertahankan dengan cara sering menggunakannya di dalam proses bertutur, pembelajaran, penelitian, maupun menurunkannya kepada generasi muda melalui nasihat-nasihat ataupun kata-kata yang mengandung hikmah yang memuat kosakata arkais.

Khunafa Khoiriyah menambahkan, generasi muda zaman sekarang kurang mengenal kata arkais karena dianggap kuno, tidak penting, dan tidak berprestise dibandingkan dengan bahasa gaul yang mereka gunakan. Begitu juga dengan batik yang mulai jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara prihal produk Listyowati menjelaskan, tas 3 in 1 ini berbahan utama kain jeans yang kuat dan elegan. “Tas backpack berbahan parasut yang antiair sehingga tidak dapat menyerap air. Bahan yang digunakan adalah kain jeans, kain parasut, kain batik, benang jahit, webbing polyester dan velcro,” ungkap Listyowati.

Tas 3 in 1 karya 4 mahasiswa UNY ini juga dinamai UBag yang berasal dari kata Usefull dan Bag yang berarti tas yang mempunyai 3 kegunaan, yaitu sebagai tas jinjing, tas punggung, dan tas slempang. Tas UBag ini dapat digunakan dalam berbagai kondisi dan cuaca hujan. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here