Home Pendidikan 4.950 Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/ 2022 Ikuti Kuliah Perdana

4.950 Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/ 2022 Ikuti Kuliah Perdana

198
0
Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD saat menyampaikan sambutan pada kuliah perdana mahasiswa baru UII, Rabu (8/9/2021). Foto: Tangkapan layar kanal YouTube UII

BERNASNEWS.COM – Sebanyak 4.950 mahasiswa baru UII tahun akademik 2021/2022, terdiri dari 4.743 mahasiswa Program Sarjana (S1) dan 207 mahasiswa Program Diploma 3 (D3) mengikuti kuliah umum secara virtual melalui kanal YouTube UII, Rabu (8/9/2021). Materi kulih umum disampaikan Adib Zaidani Abdurrohman SE M.Dip.Trade, yang saat ini menjabat sebagai First Secretary Economic Affairs II, Permanent Mission of the Republic of Indonesia to the United Nations, New York.

Mahasiswa baru yang diterima di UII tersebut merupakan yang lulus tes penerimaan mahasiswa baru dari total pendaftar sebanyak 21.746 orang. Dari 4.950 mahasiswa baru yang diterima UII, sebanyak 50 orang di antaranya adalah mahasiswa asing dari berbagai negara.

Para mahasiswa baru tersebut tersebar di 8 fakultas yang ada di UII, yakni FBE 1.010 orang, FPSB sebanyak 843 orang, FTI 819orang, FH 689 orang, FTSP 534 orang, FMIPA 524 orang, FIAI 362 orang dan FK 169 orang.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD dalam sambutan pada pembukaan kuliah umum tersebut mengatakan, UII adalah pionir pendidikan tinggi Indonesia yang dilahirkan oleh para pendiri bangsa pada 27 Rajab 1364 hijriah yang bertepatan dengan 8 Juli 1945 masehi, sekitar 40 hari sebelum Indonesia merdeka.

UII merupakan rumah besar bersama anak bangsa yang datang dari beragam latar belakang, seluruh penjuru Indonesia, dan mancanegara. Paling tidak, pada 2021 ini, terdapat 50 mahasiswa internasional baru lintas jenjang dari 15 negara berbeda yang bergabung bersama UII.

Penyerahan mahasiswa baru secara simbolis oleh wakil orangtua mahasiswa baru UII, Rabu (8/9/2021). Foto: tangkapan layar kanal YouTube UII

“Di UII, Saudara tidak hanya belajar disiplin ilmu pilihan, tetapi juga memperdalam ilmu agama dan mengamalkannya, serta mengasah kepedulian sosial sebagai anak bangsa. Semangat keilmuan, keislaman, dan kebangsaan dipertemukan dalam harmoni. Bekal hidup ini penting, karena saudara adalah calon pemimpin bangsa, aktor peradaban masa depan,” kata Prof Fathul Wahid.

Dikatakan, beragam desain masa depan akan terimajinasi dan tidak perlu diseragamkan, selama setiap desain dibingkai dengan iktikad baik untuk menghadirkan sebanyak mungkin manfaat bagi sesama. Keragaman desain tersebut justru perlu dirayakan untuk saling melengkapi. 

Untuk memperkaya referensi desain, menurut Prof Fathul Wahid, perbanyaklah membaca, diskusi dan jalan-jalan. Di masa pandemi seperti ini, di dalamnya, termasuk jalan-jalan virtual. “Apapun desain masa depan yang terimajinasi, yakinlah bahwa masa depan membutuhkan manusia dengan karakteristik berbeda dengan masa kini, apalagi masa lampau,” kata Rektor UII Prof Fathul Wahid.

Sementara Direktur Layanan Akademik UII Dr Tatang Shabur Julianto S.Si MSi dalam laporanya mengungkapkan, pada tahun akademik 2021/2022, UII menerima 4.950 mahasiswa baru dari 21.207 total pendaftar. Mahasiswa baru UII ini dinyatakan lulus dari beragam pola seleksi yang ditawarkan.

Menurut Tatang Shabur Julianto, ada 6 pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII pada tahun akademik 2021/2022 untuk program Diploma dan Sarjana, yakni Seleksi Berbasis Rapor (SIBER), Computer Based Test (CBT), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA), serta PMB Bersama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah V D.I.Yogyakarta dan (BKSPTIS).

“Selain itu, pada tahun 2021 ini, UII memberikan beasiswa bagi 226 mahasiswa, antara lain melalui beasiswa Hafiz Al-Qur’an, Duafa, Santri Unggulan, Atlet & Juara Seni, Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Future Global Leaders Scholarships bagi mahasiswa asing,” tutur Tatang Shabur Julianto.

Aktivitas mahasiswa baru UII diawali dengan kegiatan kuliah perdana yang digelar secara daring luring terbatas pada hari Rabu 8 September 2021, mulai pukul 08.00 WIB. Acara yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Ki Bagoes Hadikoesoemo UII ini hanya dihadiri secara luring oleh pimpinan UII di tingkat universitas dan fakultas, serta dua orang perwakilan mahasiswa baru didampingi orangtua. Sementara mahasiswa baru lainnya menyimak secara daring di kanal Zoom dan channel YouTube UII.

Dikatakan, kuliah perdana menjadi penanda dimulainya perjalanan akademik mahasiswa menempuh studi di UII. Pelaksanaan kuliah perdana secara simbolik ditandai dengan penyampaian testimoni oleh orangtua mahasiswa dan penyerahan jas almamater serta Al-Qur’an UII dari Rektor UII kepada perwakilan mahasiswa baru.

“Perwakilan mahasiswa baru angkatan 2021/2022 tersebut yakni Jihan Hanifah, mahasiswi Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Bisnis & Ekonomika yang diterima melalui pola seleksi PSB Beasiswa Juara Atlet, dan Seni dan Ahmad Arun Nafidz mahasiswa Prodi Ahwal Al-syakhshiyah Fakultas Ilmu Agama Islam yang diterima melalui pola seleksi PSB Beasiswa Santri Unggulan UII,” paparnya.

Selain diikuti oleh mahasiswa dari Indonesia, kuliah perdana ini juga disimak oleh mahasiswa asing dari negara asal. “Agar mempermudah pemahaman mahasiswa asing atas rangkaian prosesi dan materi kuliah perdana disediakan penerjemah/ interpreter berbahasa Inggris di kanal Zoom,” kata Tatang Shabur Julianto. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here