Home Pendidikan 341 Atlet dari Perguruan Tinggi se-Indonesia Ikuti Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden...

341 Atlet dari Perguruan Tinggi se-Indonesia Ikuti Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden ke-10

174
0
Konferensi pers UPNVY terkait Kejuaraan Nasional Pencak Silat perebutkan Piala Presiden ke-10, Jumat (7/2/2020). (Foto: Ayu)

BERNASNEWS.COM – Sebanyak 341 atlet dari perguruan tinggi se-Indonesia mengikuti Kejuaraan Nasional Pencak Silat yang memperebutkan piala Presiden pada 10-14 Februari 2020 mendatang di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Kali ini, UPNVY mengambil tema ‘Menumbuhkan Rasa Nasionalisme serta Melestarikan Ragam Budaya Bangsa melalui Pencak Silat’.

“Nanti ada beberapa nomor pertandingan yaitu seni tunggal, seni ganda, dan seni beregu,” ujar Wakil Rektor UPNVY Bidang Akademik, Suharsono, dalam konferensi pers “Kejuaraan Nasional Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi X”, Jumat (7/2/2020).

Ratusan atlet tersebut berasal dari 51 perguruan tinggi yang ada di seluruh pelosok Indonesia. Event yang telah digelar sejak tahun 1995 ini awalnya digelar lantaran minimnya pertandingan serupa yang mengakomodir seluruh perguruan Pencak Silat yang ada di Perguruan Tinggi. Awalnya, event ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa di DIY dan Jawa Tengah sebelum pada tahun 2002 berubah menjadi tingkat nasional.

Sebagai tuan rumah, UPNVY akan menerjunkan 13 atlet Pencak Silat yang terbagi dalam 2 tim. Belasan atlet ini diharapkan mampu menjunjung sportivitas.

Para atlet yang siap bertanding dalam Kejuaraan Nasional Pencak Silat perebutkan Piala Presiden ke-10, Jumat (7/2/2020). (Foto: Ayu)

“UPNVY akan turunkan 13 atlet dalam 2 tim semoga bisa berlaga dengan sportif, menjunjung tinggi sportivitas, dan bisa bawa pulang penghargaan,” katanya.

Pada awal Januari 2020, rencananya event ini akan dibuka langsung oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Namun, karena terkendala kegiatan, maka pembukaan akan diwakilkan.

Kini, pihak UPNVY berupaya mengusulkan Kejurnas Pencak Silat ini ke dalam event nasional. Kejurnas ini diharapkan mampu membangkitkan kembali jiwa patriotisme, nasionalisme, religius-kultural, dan humanistik yang melandasi profesionalisme dalam intelektual dan oralitas mahasiswa guna menghadapi tantangan globalisasi.

“Harapan kami dari UPNVY bisa masuk ke event nasional sehingga bisa resmi di bawah Kemendikbud,” kata Wakil Rektor UPNVY Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Singgih Saptono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here