Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNews34 Gubernur Tuangkan Tanah dan Air dari Daerah Masing-masing ke Dalam Satu...

34 Gubernur Tuangkan Tanah dan Air dari Daerah Masing-masing ke Dalam Satu Gentong Nusantara

bernasnews.com – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama sejumlah menteri dan pejabat menginap atau berkemah di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Senin 14 Maret 2022 malam. Pada Senin pagi diadakan ritual pengumpulan tanah dan air yang dibawa 34 gubernur/wakil gubernur ke dalam satu gentong yang diberi nama gentong Nusantara.

Menurut Presiden Joko Widodo, seluruh gubernur atau yang mewakili dari 34 provinsi hadir di Titik Nol IKN Nusantara, Senin siang, dengan membawa tanah dan air dari daerah masing-masing. Acara ini menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia mewujudkan cita-cita besar, yakni pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Penyatuan tanah dan air ini adalah simbol kebinekaan dan persatuan Indonesia. Kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, TNI, Polri, swasta dan seluruh masyarakat mendukung pembangunan ibu kota negara ini, sangat membantu agar yang kita cita-citakan ini segera terwujud. Terima kasih kepada seluruh gubernur, lembaga tinggi negara, MPR RI, DPR RI, DPD RI, MA, MK, BPK, Komisi Yudisial dan seluruh komponen masyarakat atas dukungannya untuk pembangunan IKN. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran untuk upaya kita membangun IKN ini,” cuit Presiden Joko Widodo dikutip bernasnews.com dari akun twitter resmi Presiden RI.

“Amiin, demi persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh tanpa terpecah belah. Bagi saya tidak ada alasan untuk tidak mendukung pembangunan IKN,” komentar Aesthete di akun twitter @faiqurrahman_ di kolom komentar.

“Amin Pak Presiden,,, kami seluruh rakyat indonesia selalu siap menjadi benteng kokoh untuk mempertahankan Pancasila dan UUD 45. NKRI HARGA MATI,” komentar warganet lainnya, MARHAEN [email protected]_pras.

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri duduk santai di tempat perkemahan di Titik Nol IKN Nusantara, Senin 14 Maret 2022. Foto: [email protected]

Dalam ritual penyatuan tanah dan air tersebut, satu per satu gubernur/wakil gubernur maju membawa tanah dan air dari daerah masing-masing dalam kendi kecil lalu dituangkan ke dalam satu gentong besar yang diberi nama gentong Nusantara. Tanah dan air dari 34 provinsi tersebut digabung jadi satu sebagai simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa dengan bangga memamerkan fotonya bersama anggota Paspampres yang membawa air dan tanah dari 34 provinsi yang berasal dari Jawa Timur. Mereka adalah Juang Setiawan dari Kediri, Fajar Muhajirin dari Mojokerto,
Anggik Pandu Aji dari Jombang dan Randy M Yusuf dari Lumajang. Sementara yang membawakan tanah dan air dari Majapahit adalah Fajar Muhajirin dari Mojokerto.

“Terimakasih mas Fajar, terimakasih kepada warga Jawa Timur, warga Mojokerto lebih khusus lagi warga Trowulan. Tanah dan air dari napak tilas Majapahit telah bercampur dengan tanah dan air se -Nusantara dari 34 provinsi seluruh Indonesia,” tulis Gubernur Jatim di akun instagramnya. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments