Home Seni Budaya 33 Seniman Tampilkan Karya Seni di Museum Sonobudoyo

33 Seniman Tampilkan Karya Seni di Museum Sonobudoyo

209
0
Pelukis Syahrizal Pahlevi mempraktikkan seni cukil kayu pada pembukaan pameran bertajuk Wirama di Museum Sonobudoyo Yogyakarta,i Senin (8/7/2019) . Foto: Official Dok FKY2019
Pelukis Syahrizal Pahlevi mempraktikkan seni cukil kayu pada pembukaan pameran bertajuk Wirama di Museum Sonobudoyo Yogyakarta,i Senin (8/7/2019) . Foto: Official Dok FKY2019

BERNASNEWS.COM — Sebanyak 33 seniman dengan beragam karya seni, seperti seni pahat, instalasi, fotografi, video dan performance art berpartisipasi dalam pameran bertajuk Wirama di Museum Sonobudoyo Yogyakarta mulai Senin (8/7/2019) hingga Selasa (16/7/2019). Pameran ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk menyemarakkan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) yang dibuka Rabu (4/7/2019) lalu.

Pada acara pembukaan pameran, pelukis Syahrizal Pahlevi mempraktikkan seni cukil kayu atau membuat lukisan dengan cara memahat sebidang kayu. Performance artist FJ Kunting turut hadir memeriahkan acara dengan live performance lempar batu ke arah seng yang terinspirasi dari mainan masa kecil bersama teman-temannya sepulang sekolah.

Kepala Bidang Adat, Seni, Tradisi dan Lembaga Budaya Dinas Kebudayaan DIY Dra Y Eni Lestari Rahayu sesaat sebelum membuka pameran dengan menyalakan lampu façade itu berharap pameran ini dapat semakin memeriahkan event FKY dan bisa diterima masyarakat.

Performance artist FJ Kunting memeriahkan acara dengan live performance lempar batu ke arah seng yang terinspirasi dari mainan masa kecil bersama teman-temannya sepulang sekolah pada acara pembukaan pameran bertajuk Wirama di Museum Sonobudoyo Yogyakarta mulai Senin (8/7/2019) hingga Selasa (16/7/2019). Foto : Official Dok FKY2019

Sementara Lisistrata Lusandiana sebagai kurator pameran mengatakan, pameran ini melibatkan cara kita memaknai waktu akan kering tanpa hadirnya seni. Dia berharap karya-karya yang ditampilkan dapat membantu kita untuk memahami apa itu waktu.

Menurut Ketua FKY 2019 Paksi Raras Alit, pameran dibuka setiap hari. Selain kunjungan pada jam reguler, pengunjung dapat mengikuti tur pameran bersama kurator. Tur dilaksanakan pada Jumat (12/7) dan Sabtu (13/7) pukul 15.00 WIB. Pada hari yang sama, gelaran seni bertema Wiraga menampilkan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Petruk Ratu dengan dalang Ki Gondo Suharno di Halaman Sasono Hinggil Dwi Abad pada pukul 20.00 WIB. Selain itu, digelar pameran seni instalasi publik berupa mobil kayuh yang dihias aksara Jawa. Instalasi publik dapat dilihat hingga Minggu (21/7/2019) di Alun-Alun Selatan Yogyakarta.

Pameran seni rupa Wirama resmi dimulai pada 8 Juni 2019, di Museum Sonobudoyo sebagai salah satu rangkaian acara penyemarak FKY 2019. Foto : Official Dok FKY2019

Acara bertema Wirasa pun dimulai pada hari yang sama. Lokakarya komposisi musik yang akan menggubah komposisi Kinanthi Sandhung dengan berbagai genre musik dilaksanakan di Museum Dewantara Kirti Griya Jalan Tamansiswa hingga Senin (15/7/2019) mendatang. Lokakarya diadakan mulai pukul 12.00 hingga 17.00 WIB. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here