Home Pendidikan Produk Inovasi Mahasiswa Universitas Amikom Juara di Program Kemenperin RI

Produk Inovasi Mahasiswa Universitas Amikom Juara di Program Kemenperin RI

407
0
Civitas akademika Universitas AMIKOM dalam Program Startup4industry Semarak Festival IKMA 2019 di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/12/2019). (Foto: dok. Universitas AMIKOM)

BERNASNEWS.COM – Dua produk inovasi mahasiswa Univesitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih prestasi dalam Program Startup4industry Semarak Festival IKMA 2019. Program ini diadakan di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/12/2019). Kedua produk tersebut adalah ISMA (Juara 2 Kategori AI dan Big Data) dan PROMIS (Juara 3 kategori IOT).

ISMA (IKM Smart Market Analysis) dikembangkan oleh Irwan Oyong, Arif Nur Rohman, dan Elik Hari Muktafin. Produk ini dapat membantu IKM untuk menganalisa trend pasar dan produk serupa, analisa kompetitor, penentuan segmentasi pasar yang fit, dan mempersiapkan agar IKM siap untuk go-oline

Sedangkan PROMIS (Smart Production Monitoring System) dikembangkan oleh Elik Hari Muktafin, Muhammad Ryan Fauzy, dan Muhammad Ainur Roziqin. PROMIS merupakan produk berbasis IOT yang dapat digunakan untuk memantau proses produksi IKM secara realtime.

Mahasiswa di balik karya ISMA dan PROMIS yang raih juara. (Foto: dok. Universitas AMIKOM)

Startup4industry ini sendiri merupakan Program yang diluncurkan oleh Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah dan aneka (IKMA) sebagai gerakan transformasi digital industri kecil dan menengah. Program ini menjawab salah satu prioritas dalam Making Indonesia 4.0, yaitu pemberdayaan UMKM melalui teknologi, sehingga dapat menjadi hub yang menghubungkan penyedia teknologi (startup) dengan permasalahan industri.

“Diharapkan Indonesia akan semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 melalui inovasi karya anak bangsa sebagai technology provider untuk industri,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here