Home Pendidikan 2 Mahasiswa FH UII Ikuti Program Double Degree di Youngsan University Korsel

2 Mahasiswa FH UII Ikuti Program Double Degree di Youngsan University Korsel

127
0
Dua mahasiswa Program Studi Hukum, Program Sarjana FH UII yang mengikuti program double degree di Departement of Law, College of Creative Human Resources, Youngsan University, Korea Selatan, secara resmi dilepas di Kampus FH UII Jalan Tamansiswa Yogyakata, Selasa 23 Februari 2021 dan berangkatke Korea Selatan, Kamis 25 Februar i2021. Foto : kiriman Dodik Setiawan Nur Feriyanto

BERNASNEWS.COM –Dua mahasiswa Program Studi Hukum, Program Sarjana FH UII mengikuti program double degree di Departement of Law, College of Creative Human Resources, Youngsan University, Korea Selatan. Kedua mahasiswa tersebut adalah Yuwan Zaghlul Ismail dan Kurniawan Sutrisno Hadi, keduanya merupakan mahasiswa Program Internasional FH UII angkatan 2018.

Setelah secara resmi dilepas dari Kampus FH UII Jalan Tamansiswa Yogyakarta, Selasa 23 Februari 2021, selanjutnya pada 25 Februari 2021 mereka berangkat menuju Korea Selatan. Mereka akan menempuh studi selama 2 tahun di Youngsan University Korea Selatan dan akan mendapatkan gelar ganda (double degree) yakni Sarjana Hukum (SH) dari FH UII dan Bachelor of Law dari Youngsan University Korea Selatan.

Menurut Dodik Setiawan Nur Heriyanto SH MH LLM PhD, Sekretaris Program Internasional FH UII dalam laporannya pada acara pelepasan kedua mahasiswa tersebut di Kampus FH UII Jalan Tamansiswa Yogyakarta, pada Selasa 23 Februari 2021, kedua mahasiswa yang mengikuti program double degree di Korsel tersebut sama-sama berprestasi.

Dikatakan, pada situasi pandemi Covid-19, FH UII telah melakukan koordinasi dengan Youngsan University Korsel. Kedua mahasiswa tersebut mengikuti prosedur kesehatan untuk penerbangan internasional, mulai dari mengikuti tes PCR sebelum keberangkatan, mengikuti serangkaian tes kesehatan yang dilakukan oleh rumah sakit yang direkomendasikan oleh Pemerintah Korea Selatan hingga mengikuti karantina ketika sampai di Korea Selatan.

Selain itu, menurut Dodik, kedua mahasiswa tersebut juga akan mendapatkan kesempatan vaksinasi Covid-19sesuai dengan jadwal dan ketentuan dari Pemerintah Korea Selatan. Dan FH UII menyambut baik atas kesempatan ini. Dan sebentar lagi, FH UIIakan mengembangkan program double degree ini ke Coventry University di Inggris, Maastricht Universitydi Belandadan Fatih Sultan Mehmet University di Turki.

Menurut Dodik, selama ini FH UII juga telah sangat aktif mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti program credit transfer ke beberapa perguruan tinggi di dunia, yaitu ke International Islamic University Malaysia (IIUM) selama enam bulan (satu semester) pada 2019 dan ke Youngsan University, Korea Selatan, selama enam bulan (satu semester) pada 2019.

Dodik Setiawan Nu Heriyanto menambahkan bahwa saat ini, FH UII telah mendapatkan banyak pengakuan internasional. Selain itu mahasiswa FH UII sangat aktif dan memenangkan berbagai kompetisi baik di tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional.

“FH UII juga telah mendapatkan sertifikasi dari lembaga Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA) di tingkat ASEAN melalui sertifikasi nomor AP387UIIFEB19, yang berlaku dari 14 Maret 2019 hingga 7 Agustus 2023. Dan pada tahun 2021 ini, FH UII juga mempersiapkan untuk mendapatan akreditasi dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) di Jerman. Dan tahun 2022 direncanakan akan dilakukan visitasi oleh FIBAA,” kata Dodik Setiawan. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here