Home News 156 Penerbangan Hari Pertama Operasi Penuh YIA Kulon Progo

156 Penerbangan Hari Pertama Operasi Penuh YIA Kulon Progo

994
0
Suasana Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo pada hari pertama full operation, Minggu (29/3/2020). Foto : Agus Pandu Purnama

BERNASNEWS.COM – Sebanyak 156 penerbangan yang mendapat izin rute pada hari pertama operasi penuh (full operation) Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DIY, Minggu (29/3/2020). Dari jumlah itu, sebanyak 106 penerbangan yang beroperasi dan 50 penerbangan yang cancel.

Sementara itu, pada hari yang sama, Minggu (29/3/2020), jumlah penerbangan ATR di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta bertambah menjadi total 59 pergerakan. Ke-59 pergerakan itu terdiri dari 19 penerbangan ke dan dari Bandung (Citilink, Wings, NAM AIR, dan Transnusa), 10 penerbangan dari dan ke Halim Perdanakusuma (Citilink), 4 penerbangan dari dan ke Malang (Citilink dan Transnusa) dan 26 penerbangan dari dan ke Surabaya (Wing, Citilink dan Transnusa).

Demikian diungkapkan General Manajer PT Angkasa Pura I Agus Pandu Purnama ketika dihubungi Bernasnews.com, Minggu (29/3/2020) sore. Proses pelaksanaan pemindahan operation bandara dari Adisutjipto Yogyakarta ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, Minggu (29/3/2020) tanpa kegiatan seremoni karena penerapan social distancing yang ketat .

Meski demikian, menurut Dirut PT Angkasa Pura 1 Faik Fahmi yang dibenarkan GM Angkasa Pura 1 Agus Pandu Purnama, proses pemindahan operasi bandara YIA secara penuh, Minggu (29/3/2020), berjalan lancar, tertib dan sukses, serta dilakukan dengan terus memperhatikan kesehatan personil dan meminimalkan resiko penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Proses full operation ini memindahkan penerbangan jet komersial dari Bandara Adisutjipto (JOG) ke Bandara Yogyakarta Internasional Kulonprogo (YIA), sedangkan penerbangan pesawat baling-baling/ propeller tetap dilaksanakan di Bandara Adisutjipto (JOG).

“Dengan sudah dilakukannya perpindahan tersebut, saat ini Bandara Yogyakarta Internasional (YIA) melayani 110 pergerakan pesawat per hari, sedangkan di Bandara Adisutjipto (JOG) melayani 59 pergerakan pesawat propeler/tipe baling-baling per hari,” kata Faik Fahmi yang dibenarkan Agus Pandu Purnama. (lip)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here