Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNews150 Relawan Tanggap Bencana Mlati, Ikuti Jambore di Basecamp Rescue 325 Kaliurang

150 Relawan Tanggap Bencana Mlati, Ikuti Jambore di Basecamp Rescue 325 Kaliurang

bernasnews.com — Sebanyak 150 relawan Tanggap Bencana dari 17 komunitas relawan, wilayah Mlati Sleman selama dua hari mengikuti Jambore dan Syawalan Relawan Kapenewon Mlati Tahun 2022, Sabtu-Minggu, tanggal 21-22 Mei 2022, di Basecamp Rescue 325 Kaliurang, Kabupaten Sleman.

Dalam Pembukaan Jambore dengan tema Relawan Mlati, Bangkit, Solid Sesarengan Mbangun Sleman, Panewu Mlati Drs. Arifin, MLaw didampingi Penasihat Rescue 328 Andi S, Ketua Rescue 328 Muhammad Supriyanto dan Kapolsek Mlati Kompol Andhies F Utomo ST SIK.

“Dalam Jambore ini peserta diberikan materi peta bencana yang ada di Kabupaten Sleman. Ada 7 diantaranya Merapi, Banjir lahar dengan kemampuan mitigasi bencana,” tutur Panewu Kapenawon Mlati Drs Arifin MLaw, usai kegiatan Jambore, Senin (23/5/2022).

Dikatakan, potensi relawan Mlati dengan total 30an Komunitas ini bisa disinergikan untuk membantu masyarakat dalam penanggulangan kebencaan. “Dalam pembukaan kemarin juga diserahkan 30 chainshaw (gergaji mesin) pada relawan dan tamu undangan,” tutur Arifin.

Andi S yang juga donatur chainshaw berharap bantuan gergaji mesin ini akan sangat membantu relawan saat turun ke lokasi bencana. “Ada pohon-pohon tumbang menghambat jalan dengan chainsaw mitigasi bencana bisa diselesaikan lebih cepat,” jelasnya.

Sementara itu, pembukaan Jambore oleh Bupati Sleman yang diwakili Kepala Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan. Dihadiri tamu undangan dari Denpom, Kodim, Polres, dan instansi terkait dengan sajian hiburan atraksi PB Wushu Sinduadi, dilanjutkan penyerahan chainsaw.

Materi mitigasi kebencanaan yang diberikan, ada UU dari Polda, PPGD dari PMI Sleman, Urban SAR atau vertical rescue dari SARDA DIY dan lainnya untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan kemampuan relawan. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments