Home Pendidikan 11 Siswa SLB DIY ke FLS2N PDBK Daring 2021

11 Siswa SLB DIY ke FLS2N PDBK Daring 2021

233
0
Kabid Diksus Dinas Dikpora DIY, kasi dan staf Diksus, panitia, juri, kepala sekolah dan siswa SLB DIY dalam acara pengumuman pemenang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) DIY 2021 secara daring/online di Yogyakarta, Selasa (13/7/2021). Foto : kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Sebanyak 11 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) tingkat SD, SMP dan SMA/ sederajat akan mewakili DIY dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) daring/online Tahun 2021. Mereka terpilih sebagai Juara I dalam sebelas cabang lomba FLSN DIY. Sebelas siswa itu berasal dari Kabupaten Bantul empat orang, dari Kabupaten Gunungkidul tiga orang, dari Kabupaten Kulonprogo tiga orang, dan dari Kabupaten Sleman satu orang. FLS2N DIY terselenggara atas kerjasama Bidang Diksus Dinas Dikpora DIY dan MKKS SLB DIY.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pendidikan Khusus (Diksus) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Drs Bachtiar Nurhidayat memberikan apresiasi tinggi kepada siswa dan guru pembimbing peserta FLS2N DIY 2021. Dalam kondisi pandemi Covid 19, mereka tetap semangat ikut lomba secara daring.

“Kepada para juara satu yang akan mewakili DIY dalam lomba tingkat nasional secara daring saya pesankan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar mampu meraih prestasi dan mengharumkan nama baik sekolah maupun DIY. Selama ini, DIY selalu meraih prestasi kejuaraan. Sedangkan para siswa yang juara dua dan tiga DIY, saya harap tetap semangat dan terus berlatih. Saya tekankan di sini, apapun kondisinya pembinaan dan layanan pendidikan terutama pendidikan khusus harus terus berjalan,” kata Bachtiar Nurhidayat dalam acara pengumuman pemenang FLS2N DIY secara daring di Yogyakarta, Selasa (13/7/2021).

Ke-11 siswa wakil DIY tersebut adalah Supriyati (SLB N 2 Gunungkidul) cabang lomba Cipta dan Baca Puisi SMPLB/SMALB; Acalaida Cendaneswari (SLB N 1 Bantul) cabang lomba Cipta Komik Strip SMPLB/SMALB; Yohanes Paulus Aldrian Kristanto (SLB N 1 Bantul) cabang lomba Desain Grafis SMALB; Prayudha Apriyanto (SLB N 1 Bantul) cabang lomba Desain Grafis SMPLB; Rani Kurniasih (SLB Bhakti Wiyata Wates Kulonprogo) cabang lomba Melukis SMPLB/SMALB; Cellin Debi Nurlaila (SLB Wiyata Dharma 4 Godean Sleman) cabang lomba Melukis SDLB.

Kemudian Aprilia Damayanti (SLBN 1 Kulonprogo) cabang lomba Menari SMPLB/SMALB; Quiansha Noya Huwaida (SLB Bakti Putra Karangmojo Gunungkidul) cabang lomba Menyanyi SDLB; Oktaviani Daminta Lucia Ginting (SLB N 1 Bantul) cabang lomba Menyanyi SMPLB; Rahmat Amroji (SLB N 2 Gunungkidul) cabang loba MTQ SMPLB/SMALB; Syahrul Arifin Zuhud (SLB PGRI Nanggulan Kulonprogo) cabang lomba Pantomim SMPLB/SMALB.

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi, sebagaimana dikutip dari panduan teknis FLS2N 2021 mengemukakan, pengembangan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang seni dilakukan secara berjenjang damn berkelanjutan melalui penyenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang seni dengan mengedepankan sportivitas dan kreativitas.

Praktisi media dan pegiat literasi YB Margantoro yang menjadi salah satu juri FLS2N DIY mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut kepada Bidang Diksus Dinas Dikpora DIY, MKKS SLB DIY, SLB se DIY dan para peserta lomba.

“Khusus untuk karya-karya cipta puisi dan cipta komik strip selama ini seandainya dibukukan akan monumental dan menambah khasanah literasi sekolah. Judul buku misalnya, Mencintai SLB Melalui Puisi dan Komik Strip,” kata dia dalam siaran pers yang dikirimkan ke Bernasnews.com. (*/lip)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here