Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNews1.110 Penerbangan Internasional Dibatalkan Selama Bulan Maret

1.110 Penerbangan Internasional Dibatalkan Selama Bulan Maret

BERNANEWS.COM – Selama bulan Maret 2020, ada 1.110 penerbangan internasiona dari berbagai bandara di Indonesia yang dibatalkan sebagai dampak dari isu virus coronan. Hal ini berpengaruh terhadap penuruan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang mencapai 9 persen.

“Jumlah ini jauh lebih besar dibanding pada bupan Pebruari2020 dimana pergerakan penerbangan internasional turun 6 persen yang berdampak pada penuruan wisatawan mancanagera sebesar 4-5 persen,” kata M Awaluddin, Direktur Utama PT (Persen) Angkasa Puar II, dalam keterangan pers di Media Center Covid 19 Jakarta yang disiarkan secara langsung sejumlah televisi swasta, Senin (9/3/2020) siang.

M Awaluddin. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com/repro MetroTV

Dikatakan, penurunan pergerakan penerbangan internasional yang berdampak pada penurunan wisatawan mancanegara tersebut di sejumlah bandara di Indonesia itu merupakan dampak dari kebijakan berbagai negara, termasuk Indonesia, yang menghentikan sementara penerbangan internasional sebagai akibat dari maraknya isu virus Corona.

Menurut Awaluddin, pengetatan pengawasan pergerakan penerbangan internasional dimulai 22 Januari 2020 saat Wuhan, China diumumkan terkenas virus Corona. Kemudian, pada 5 Pebruari 2020 dilakukan penghentian sementara penerbangan dari dan ke China. Dan pada 27 Pebruari 2020, pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara warga negara asing untuk umroh maupun perjalanan wisata ke Arab Saudi.

“Dan terhitung mulai 8 Maret 2020 hingga saat ini, seluruh bandara di Indonesia sudah melakukan kebijakan baru yang bersifat sementara untuk menghentikan kedatangan wisatawan dari Italia, Korsel dan Iran,” kata Awaluddin.

Dirut PT Angkasa Pura II M Awaluddin (kiri) bersama pejabat dari Kementerian Kesehatan saat memberi keterangan kepada wartawan terkait perkembangan penanangan virus Coronan di Media Center Covid019 Jakarta, Senin (9/3/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com/repro MetroTV

Dikatakan, pada bulan Januari 2020 atau sebelum isu virus Coronan mencuat, pergerakan penerbangan internasional dari dan ke Indonesia tumbuh 3 persen dan penumpang inernasional tumbuh 7 persen.

Namun, sejak virus Corona mencuat baik pergerakan penerbangan maupun penumpang internasional terus turun. Dan yang paling terasa adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimana jumlah peneribangan internasional sebesar 25 persen, sedang penerbangan domestik 75 persen. Sehingga dampak penuruan cukup besar terasa pada bulan Maret ini yang mencapai 1.110 penerbangan dengan penurunan 9 persen penumpang internasional. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments